Pentingnya Manajemen Resiko Saat Berbisnis

Sebuah bisnis tidak akan selamanya berjalan mulus, terkadang ada saja kendala yang membuat bisnis yang kita jalani tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Agar bisnis yang kita jalani bisa terus survive kita harus memiliki sebuah antisipasi terhadap sebuah resiko atau perubahan atau yang biasa disebut dengan manajemen resiko. Kita harus memperhatikan banyak hal untuk menjadikan bisnis yang kita jalani bisa sukses dan membawa keuntungan bagi kita. Beberapa hal yang bisa menghambat dan memperlancar bisnis kita harus kita ketahui dari awal sehingga kita bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi. Memperhatikan setiap detail dari usaha merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan kita sebagai seorang wirausahawan.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

Jika anda baru saja akan memulai sebuah bisnis baru, maka anda harus memperhatikan setiap detail dari usaha anda. Detail-detail dalam sebuah usaha biasanya akan sangat berpengaruh untuk kesuksesan anda dalam memulai sebuah bisnis. Hal yang harus diperhatikan antara lain ;

  • Kualitas Produk

Anda harus bisa menjamin sebuah kualitas produk yang anda jual. Anda bisa melakukan beberapa trial and error untuk menemukan sebuah produk yang benar-benar memiliki kualitas yang bagus. Kualitas produk merupakan hal paling utama dalam langkah awal anda memulai bisnis. Jika anda memulai bisnis dengan menjual sebuah produk yang biasa saja maka kemungkinan produk anda susah untuk diingat oleh masyarakat.

  • Jadilah Berbeda

Sedikit lebih berbeda lebih baik dari pada sedikit lebih baik merupakan prinsip yang anda harus terapkan. Jika anda membuat produk yang sama dan hanya sedikit lebih baik dibanding dengan produk lain sejenis tapi sudah dikenal, produk anda tidak akan mudah menggantikan produk yang sejenis yang sudah dikenal lebih dulu. Usahakan anda membuat produk yang sedikit lebih berbeda di antara produk lain. Menjadi berbeda memang agak sulit namun tidak mustahil jika anda bisa menemukan produk yang tepat di pasaran.

  • Harga Produk

Jika anda bisa membuat sebuah produk yang berkualitas, anda juga harus bisa membuat produk itu bisa dibeli oleh konsumen tujuan anda. Menentukan harga produk harus memiliki beberapa pertimbangan, yang pertama adalah anda harus menghitung berapa harga pokok produksi dari produk anda. Yang kedua anda harus mempertimbangkan daya beli calon konsumen target anda, yang ketiga anda harus mempertimbangkan kualitas produk yang anda jual.

  • Target Pasar

Sebelum membuka sebuah bisnis baru, anda harus tahu kepada siapa anda akan menjual barang. Anda harus menentukan target konsumen yang tepat yang membutuhkan danĀ  bisa membeli produk yang anda tawarkan. Anda tidak bisa sembarang berpromosi tanpa tahu target anda karena tidak semua orang membutuhkan produk anda.

Share Button